Sabtu, 12 Januari 2013

3. Pengorganisasian Pendidikan



Menurut Rivai dan Murni
Pengorganisasian Pendidikan adalah untuk menghimpun semua potensi komponen pendidikan dalam suatu organisasi yang sinergis untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik-baiknya.
Suatu system memiliki tiga komponen atau elemen utama yaitu (1) input, (2) proses, dan (3) output. Ketiga elemen di dalam system saling berkaitan satu sama lain. Bila konsep system tersebut kita terapkan secara lebih operasional, dapat disajikan gambar suatu proses organisasi sekolah dalam bidang pendidikan, maka diagramnya adalah sebagai berikut:
Organisasi sekolah yang baik menghendaki agar tugas-tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan penyelenggaraan sekolah untuk mencapai tujuannya dibagi secara merata dengan baik sesuai dengan kemampuan, fungsi, dan wewenang yang telah ditentukan.
Melalui iklim demokratis, diharapkan seluruh komponen organisasi sekolah dapat berperan aktif.Sehingga terlahir berbagai kreativitas, gagasan-gagasan yang penuh improvisasi dan inovatif, sehingga sekolah berkembang lebih maju.Sehingga dapat dihindari tindakan pimpinan yang semena-mena dan bawahan yang kemana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar