Sabtu, 12 Januari 2013

41. MANAJER KEUANGAN DAN LINGKUNGAN BISNIS





Dalam menghadapi perubahan lingkungan eksternal yang mengarah adanya globalisasi ekonomi, peran manajer keuangan saat ini dan saat yang akan datang sangat penting, yaitu sebagai tim pemain dalam usaha perusahaan secara menyeluruh untuk menciptakan nilai. Dilihat dari fungsi keputusan, manajer keuangan mempunyai peran dalam tiga pokok keputusan : pemerolehan aktiva, pembelanjaan atau pembiayaan, dan pengelolaan aktiva. Dalam menjalankan perannya, manajer keuangan harus harus menyesuaikan dengan tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan memaksimumkan kesejahteraan para pemegang saham lebih baik dari pada tujuan-tujuan yang lain.
Agar manajer keuangan dapat menjalankan perannya dengan baik, ia harus mengenali lingkungan bisnis yang ada di mana perusahaan beroperasi. Lingkungan bisnis yang penting diketahui adalah : bentuk-bentuk perusahaan, lingkungan pajak, dan lingkungan keuangan. Dilihat dari karaktristiknya, bentuk perusahaan perseroan terbatas lebih baik dari bentuk yang lain (perseroan dan kemitraan). Oleh karena itu, manajer keuangan dapat menjalankan perannya lebih baik pada bentuk perusahaan perseroan terbatas.
Manajer keuangan perlu mengetahui lingkungan pajak. Dengan mengetahui dan memahaminya, manajer keuangan dapat mengetahui peluang dan hambatan yang ditimbulkan oleh sistem perpajakan yang diberlakukan dalam suatu negara. Disamping itu, lingkungan keuangan juga harus dipahami dengan baik oleh manajer keuangan. Apabila perusahaan membutuhkan dana dapat mencari dana yang tersedia di pasar keuangan dengan biaya yang minimal. Sebaliknya, apabila perusahaan mempunyai dana lebih atau menganggur, dana tersebut dapat diinvestasikan di lembaga keuangan yang ada dipasar keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar