18. Perencanaan Event
Membuat perencanaan sebelum Anda melaksanakan pekerjaan,
akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat dan efisien. Ketika
membuat perencanaan kerja, Anda dituntut untuk spesifik dan lebih detail
menuliskan apa saja yang harus dilakukan.
Agar lebih jelas dan terorganisir, Anda patut
menuliskannya dengan menggunakan format yang rapih sehingga satu tim kerja Anda
akan lebih mudah mengerti. Seperti yang dikutip dari eHow, berikut empat cara
membuat perencanaan kerja yang baik.
- 1. Tentukan Target.
Tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan
dilakukan. Anda dapat menuliskannya di komputer atau buku catatan secara
terperinci, dengan begitu akan menjadi lebih terorganisir dan rapi. Misalnya,
Anda akan melakukan pekerjaan seperti membuat suatu acara, tuliskan terlebih
dahulu acara seperti apa yang akan Anda buat. Sehingga nantinya pada saat
rapat, tim kerja lainnya dapat membantu Anda untuk menuangkan ide sesuai
keinginan.
- 2. Memilih Pemimpin Tim Kerja
yang Tepat.
Terkadang keputusan dari pemimpin tim kerja tidak dapat
dibantah. Hal ini dapat mempersulit Anda dan tim kerja lainnya mencapai tujuan
dari rencana kerja yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda
dan tim kerja salah memilih pemimpin.
- 3. Tentukan Tugas, Anggaran dan Waktu.
Dalam membuat perencanaan kerja, Anda harus menentukan
langkah demi langkah dan tugas apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan.
Tentukan pula berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rencana kerja
Anda. Perkirakan juga waktu untuk setiap tugasnya agar dapat menjadi acuan
untuk dapat diselesaikan dengan cepat.
- 4. Atur Secara Logis.
Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim
kerja secara logis. Fokuskan setiap tugas pada orang yang mampu dan memang cocok
dengan jenis pekerjaan yang diberikan. Setelah masing-masing sudah mendapatkan
tugasnya, hasil dari perencanaan kerja yang sudah dibuat pasti akan terlaksana
sesuai tujuan yang ingin dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar